Sport Clinic

/
/
Sport Clinic

Sport Clinic

Sport Clinic RS Premier Bintaro hadir untuk memberikan layanan yang terpadu dan komprehensif untuk penanganan seluruh masalah-masalah yang timbul sehubungan dengan aktivitas olahraga.

Problem yang ditangani tidak hanya meliputi masalah-masalah yang berkaitan dengan olahraga prestasi (untuk para atlet) saja tetapi juga hal-hal yang berhubungan dengan olahraga rekreasi atau olahraga masyarakat (yang biasa dilakukan sendiri atau di pusat-pusat kebugaran).

Layanan yang diberikan meliputi:

  • Konsultasi, pemeriksaan dan pengawasan latihan memberikan pengarahan latihan yang benar dan tepat sesuai dengan kondisi fisik pasien sehingga resiko cedera dapat diminimalkan.
  • Konsultasi dan pemeriksaan untuk pasien-pasien dengan penyakit tertentu  memberikan pengarahan kepada pasien-pasien dengan penyakit jantung, diabetes, asma dan lain-lain agar dapat melakukan aktivitas olahraga dengan aman dan nyaman.
  • Pemeriksaan physical fitness (kebugaran fisik)
  • Konsultasi pengaturan gizi makanan
  • Penanganan cedera olahraga
  • Program rehabilitasi cedera olahraga
Sports Clinic RS Premier Bintaro
 
Sport Clinic RS Premier Bintaro akan membantu anda agar dapat segera pulih dari cedera olahraga dan dapat kembali melakukan aktifitas olahraga dengan aman dan nyaman. Penanganan dilakukan secara terpadu oleh tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialistik seperti:
  • Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga (Sport Medicine).
  • Dokter Spesialis Bedah Ortopedi (Sport Orthopaedic Surgeon).
  • Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.

Penanganan Cedera Olahraga

Cedera yang sering dialami para atlet maupun pelaku olahraga individual bisa berupa trauma akut dan sindrom yang berlarut-larut atau over syndrome.

Penanganan cedera olahraga dapat bersifat non operatif (tidak memerlukan tindakan operasi) maupun operatif (memerlukan tindakan operasi). Penanganan cedera non operatif bisa berupa pengobatan bagian tubuh yang cedera, pembebatan, kompres dingin atau hangat, pemberian obat-obatan dan menjalanai fisioterapi.

Pada kasus-kasus tertentu, cedera olahrga harus ditangani melalui tindakan operasi seperti untuk kasus patah tulang dan putusnya urat. Teknik operasi yang Registration digunakan dapat bersifat terbuka atau secara minimal invasif.

Bedah minimal invasif pada sendi dapat dilakukan dengan menggunakan teknik Arthroscopy. Teknik pembedahan ini melalui luka goresan yang kecil dan menggunakan video kamera yang dimasukkan ke dalam sendi lutut. Dibandingkan dengan teknik yang konvensional, keuntungan dari teknik ini adalah luka operasi yang kecil (kosmetik lebih baik), diagnosis yang akurat, lebih nyaman, lama perawatan dan masa pemulihan lebih singkat.

Program Rehabilitasi Cedera Olahraga

Program rehabilitasi medik yang baik mampu memulihkan kemampuan fungsional pasien yang mengalami cedera hingga ke tingkatan yang paling optimal.

Penjelasan tentang program yang diberikan bisa memberikan motivasi dan percaya diri sehingga yang bersangkutan tidak larut dalam kecemasan dan segera ambil bagian aktif dalam program rehabilitasi yang dibutuhkannya.

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi akan merancang program latihan baik untuk pasien cedera yang menjalani operasi maupun yang tidak menjalani operasi. Program rehabilitasi harus dirancang dengan baik dan mengikuti waktu penyembuhan jaringan serta dilakukan pengawasan sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal.