/
/
/
Penanganan Pertama Pada Orang Pingsan

Penanganan Pertama Pada Orang Pingsan

Artikel Kesehatan
Penanganan Pertama Pada Orang Pingsan

Penting! jangan memberikan minum pada orang yang masih pingsan atau belum sadar. Penanganan pertama pada orang pingsan bisa mengurangi risiko yang lebih buruk. Tapi bisa juga menjadi lebih fatal bila penanganannya salah.

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan saat menangani orang pingsan?
Yuk kita simak penjelasan dari dr. Lanny Swandajany Tanudjaja dokter umum RS Premier Bintaro

  1. Cari posisi aman, tempatkan orang yang pingsan tersebut ke tempat aman dan nyaman dalam posisi terlentang, dan jangan dikerubungi agar mendapat cukup udara. Bila muntah, miringkan posisi badannya agar muntahan tidak tertelan dan menutup saluran nafas.
  2. Lancarkan jalan napas dengan melonggarkan pakaiannya, serta lepaskan ikat pinggang atau dasi yang dipakai agar orang yang pingsan tersebut juga bisa bernafas lebih baik.
  3. Tinggikan posisi kaki dari kepala, posisikan kaki lebih tinggi 40cm dari posisi kepala supaya aliran darah ke otak bisa lebih lancar, lalu tepuk-tepuk badannya atau mencubit ringan kalau perlu untuk melihat apakah ada gerakan dada yg menandakan dia bernafas.
  4. Jangan mencoba memberikan minum bila orang yang pingsan belum sadar penuh agar tidak tersedak dan cairan masuk ke jalan nafas. Lalu minta bantuan orang lain untuk segera menghubungi ambulans rumah sakit terdekat.

Semoga info ini bermanfaat, salam sehat untuk Anda dan keluarga.

RS Premier Bintaro
Jl MH Thamrin No. 1 Sektor 7, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan 15224
Tel : (021) 2762 5500
WA appointment. : +62 817 777 742
Emergency: (021) 2762 5500