/
/
Anak Memiliki Mata Kucing, Apakah Gejala Kanker Mata?

Anak Memiliki Mata Kucing, Apakah Gejala Kanker Mata?

Artikel Kesehatan
Anak Memiliki Mata Kucing, Apakah Gejala Kanker Mata?

 

Mata kucing pada anak atau ditemukannya pupil anak yang berwarna putih ini merupakan gejala atau tanda dari retinoblastoma. Retinoblastoma adalah suatu keganasan intraokular atau dikenal dengan kanker mata. Penyakit ini sering ditemukan pada anak di bawah umur 3 tahun. Dokter spesialis mata RS Premier Jatinegara dr. Novita Eka Sukma Putri, Sp.M mengatakan, “Meskipun begitu angka kejadian pada anak sangat jarang, sekitar 1 banding 15 sampai 16000 kelahiran anak.”

Penyebab dari retinoblastoma ini adalah mutasi gen pada gen RB1, apabila terjadi mutasi pada gen tersebut akan menyebabkan pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel retina embrional. Penyebab ini murni dari mutasi gen bukan dari faktor lain seperti oxidative stress atau yang lainnya. Ketika anak memiliki gejala retinoblastoma, para orang tua harus segera untuk melakukan pengecekan dini terhadap mata anak.

Mata kucing pada anak atau ditemukannya pupil anak yang berwarna putih, dalam istilah medis disebut leukocoria merupakan tanda dan gejala nomor satu yang ditemukan, di mana di tengah mata anak tampak berwarna putih. Selain leukocoria ada juga gejala lain seperti pasien dengan kondisi mata juling, baik juling kedalam atau juling keluar. Gejala maupun tanda yang paling sering ditemukan adalah inflamasi intra okular seperti ada radang, ada pseudohypopyon atau pseudohyphema, ada darah atau nanah di dalam bola matanya, ada juga dengan glaukoma, kemudian untuk kasus yang lebih lanjut tumornya bisa menonjol keluar bola mata.

Ada beberapa model terapi dalam menghadapi retinoblastoma atau kanker mata ini, apabila tumor masih kecil memungkinkan untuk dapat terapi yang vokal. Perlu diingat bahwa penanganan retinoblastoma nomor satu itu adalah menyelamatkan hidup pasien, lalu yang kedua meyelamatkan bola mata pasien, dan terakhir adalah menyelamatkan tajam penglihatan pasien. “Jadi yang kita pikirkan adalah bagaimana menyelamatkan nyawa pasien”, tambah dr. Novita Eka Sukma Putri, Sp.M dari RS Premier Jatinegara.

Dalam menghadapi retinoblastoma tidak ada pencegahan yang bisa dilakukan selain pemeriksaan dini, kita atau orang tua harus mengenali tanda dini dari retinoblastoma yaitu mata kucing. Kita harus berhati-hati setiap ditemukannya mata kucing pada anak, kita harus curigai itu retinoblastoma sampai terbukti itu bukan retinoblastoma.

 

Call Center RS Premier Jatinegara 1500 908
WhatsApp Appointment RS Premier Jatinegara +62 8111 637 666