/
/
Menyusui Saat Hamil Apa Risikonya?

Menyusui Saat Hamil Apa Risikonya?

Artikel Kesehatan
Menyusui Saat Hamil Apa Risikonya?

 

Menyusui berperan penting bagi kehidupan si buah hati. Tak hanya untuk tumbuh kembangnya, peran menyusui juga sama pentingnya bagi sang ibu. Hal ini karena menyusui memberi dampak pada kesehatan sang bunda, mulai dari mampu mencegah infeksi penyakit, hingga mengurangi depresi pasca melahirkan.

Belum lagi banyaknya manfaat memberikan ASI eksklusif pada bayi dari baru dilahirkan hingga berusia 2 tahun. Karena manfaat ASI akan terasa hingga buah hati bertambah besar. Untuk itu jangan hanya memberi ASI eksklusif hanya 6 bulan saja, karena makin lama ASI eksklusif diberikan (batas hingga 2 tahun), maka akan makin besar pula manfaat yang diterima sang bayi.

Namun terkadang, bagi ibu menyusui juga mendapat berkah baru. Yaitu berupa mengandung bayi baru di saat masih menyusui si buah hati. Padahal, sejatinya manfaat menyusui ASI adalah mencegah hamil kembali. Lalu apakah berbahaya menyusui ketika hamil?

Menyusui saat hamil apa resikonya?
dr. Lia Anggraeni Spesialis Obstetri Dan Ginekologi RS Premier Jatinegara kali ini berkesempatan untuk memberikan edukasi tentang menyusui saat tengah hamil. dr. Lia menjelaskan bahwa menyusui merupakan momen penting untuk Ibu dan bayi. Menurutnya dengan memberikan ASI ekslusif akan membuat kondisi kesehatan bayi lebih optimal.

Sehingga pada umumnya, menyusui saat hamil relatif aman. Namun hal itu juga tergantung pada kondisi ibu saat hamil. dr. Lia mengatakan ada beberapa kondisi juga, di mana ibu tidak disarankan untuk melanjutkan pemberian ASI, ketika diketahui tegah mengandung lagi. dr. Lia menjabarkan bahwa ada penelitian yang mengatakan bahwa pelepasan hormon oksitosin saat menyusui, dapat menstimulasi kontraksi rahim. Sehingga dikhawatirkan ketika menyusui saat mengandung akan menimbulkan beberapa risiko. Mulai dari IUGR atau Intrauterine Growth Restriction, keguguran, bahkan hingga kematian janin di dalam rahim.

Jika dikhawatirkan seperti itu, dalam kondisi apakah ibu hamil tidak bisa menyusui?
Menurut beliau sampai menyusui saat tengah mengandung memang aman dan diperbolehkan. Meski demikian, ibu hamil yang menyusui diminta menyapih anak yang lebih besar dahulu, jika menjalani kehamilan berisiko tinggi. Misal seperti Preeklampsia, diabetes melitus, dan anemia.
Kemudian juga kehamilan berisiko tinggi lainnya seperti pernah mengalami keguguran atau persalinan prematur sebelumnya. Kemudian juga sang ibu pernah mengalami pendarahan pervaginam. Bagi ibu yang tengah mengandung anak kembar juga harus menyapih anaknya yang masih disusui ASI.
Selain itu saat hamil dan berat badan bayi yang tidak sesuai dengan umur kehamilannya, dan sang ibu mengalami nyeri atau kontraksi rahim, maka pada masa kehamilan seperti ini juga sebaiknya sang Ibu menyapih anaknya dahulu.

Jika memang aman, lalu adakah efek yang didapat ibu ketika menyusui dan hamil secara bersamaan?
dr. Lia menjelasakan bahwa menyusui dan hamil di saat yang bersamaan akan mengakibatkan beberapa perubahan dalam tubuh ibu. Salah satunya yaitu muncul kontraksi ringan dalam rahim yang disebabkan oleh hormon oksitosin yang dilepaskan oleh tubuh saat ibu sedang menyusui.
Namun tak perlu khawatir, jika pada kehamilan yang sehat, kontraksi tidak membahayakan janin atau menimbulkan masalah pada ibu. Kemungkinan lainnya bisa saja kelahiran premature, atau dampak lain di putting atau payudara ibu. Hal ini lantaran puting atau payudara ibu akan terasa sakit karena payudara yang lebih kencang pada saat kehamilan. Kemudian bagi Bunda juga akan merasa lebih lelah karena energi yang digunakan lebih banyak untuk menyusui dan juga energi untuk kehamilannya

Apa risiko anak yang disusui?
Untuk si kakak yang sedang menyusui sebenarnya tidak ada risikonya hanya dia merasa perbedaan ASI nya saja. Jadi berasa lebih kental, kurang manis lebih asin, dia jadi kurang mau untuk menyusui tetapi itu jg jd kesempatan juga untuk menyapih jika si kakak sudah lebih dari 6 bulan.

Tip agar lancar menyusui saat hamil?
Ibu hamil yang sedang menyusui harus mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Apa sih makanan tersebut?

Gizi seimbang adalah keseimbangan dalam zat-zat penting yg terkandung di dalam makanan maupun minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil

Dia mengandung 3 zat gizi utama yaitu zat tenaga melalui karbohidrat dan lemak, zat pembangun protein, zat pengatur yaitu dari vitamin dan mineral.

 

Call Center RS Premier Jatinegara 1500 908
WhatsApp Appointment RS Premier Jatinegara +62 8111 637 666